Senin, 07 November 2016

Manfaat Sehat Saat Menikah

Ada yang berpendapat jatuh cinta adalah takdir tetapi menikah adalah pilihan. Menikah dengan orang yang tepat dan memang dicintai merupakan pilihan tepat karena bisa memberikan manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan menikahi sang pujaan hati



Menikah, adalah bagian dari tuntunan agama. Karena itu, memilih pasangan dan memutuskan untuk menikah harus dipertimbangkan dengan seksama, dan sangat bijaksana. Sebab pernikahan harus diupayakan agar dapat bertahan seumur hidup. Nah, untuk menguatkan niat menikah, kita juga harus paham benar bahwa, ada begitu banyak manfaat dari pernikahan. Keseluruhannya menandakan bahwa menikah bukan semata-mata sebuah peristiwa biasa, namun sebuah peristiwa yang sungguh luar biasa.

Manfaat Dalam Menikah Adalah :

1. Mendapatkan ketenangan hidup

Semua orang menginginkan ketenangan hidup. Salah satu upaya mendapatkan ketenangan hidup adalah dengan menikah secara sah. Tentu saja ada upaya lain untuk hidup menjadi tenang dalam kehidupan, seperti melakukan ibadah secara benar, menciptakan pergaulan sosial yang sehat, dan lain sebagainya. Namun menikah adalah upaya yang tepat dalam menciptakan ketenangan hidup.
  
2. Menjadikan hidup lebih berkualitas

Hidup akan menjadi lebih berkualitas apabila semua potensi kemanusiaan kita tersalurkan dengan baik. Manusia memiliki sangat banyak potensi yang membuatnya memiliki posisi khalifah di muka bumi. Semua potensi tersebut menjadi bekal bagi sebuah kehidupan yang berkualitas. Menikah adalah salah satu sarana penyaluran berbagai macam potensi kemanusiaan yang akan membuat kehidupan lebih bermakna.

3. Mendapatkan anak keturunan

Memiliki anak keturunan yang sah adalah salah satu manfaat pernikahan. Jenis kemanusiaan akan punah apabila tidak ada generasi baru yang lahir dari generasi yang telah ada sebelumnya. Anak-anak memberikan makna yang mendalam dalam kehidupan manusia, bahkan sering digambarkan sebagai harta yang paling berharga dalam keluarga. Tanpa anak membuat sejarah pribadi kita menjadi terputus, tidak ada kelanjutannya.

4. Menguatkan ibadah

Manusia memerlukan teman untuk melaksanakan berbagai aktivitas kehidupan, termasuk ibadah. Menikah adalah sebuah ibadah, dan setelah hidup berumah tangga akan mendapatkan teman untuk menjalankan ibadah. Suami, istri dan anak-anak saling menguatkan dalam menjalankan ibadah, sehingga mereka akan menjadi satu tim yang berinteraksi secara positif untuk menguatkan sisi-sisi kebaikan masing-masing.

5. Mendapatkan keluarga yang akan saling menjaga dan melindungi

Dengan menikah, manusia memiliki keluarga. Suami dan istri memiliki ikatan sakral yang harus saling menjaga dan melindungi satu sama lain. Ditambah dengan lahirnya anak-anak yang akan menambah kokohnya ikatan kekeluargaan tersebut. Jika tidak menikah, maka seseorang akan hidup seorang diri hingga masa tua di mana pada saat itu lebih terasa keperluan akan adanya keluarga yang bisa menjaga dan merawatnya.

6. Menguatkan motivasi dan harapan sehingga hidup lebih bersemangat dan bergairah

Apakah yang membuat hidup lebih hidup? Itu adalah harapan. Keluarga memberikan kita selalu memiliki harapan untuk kondisi yang lebih baik. Harapan untuk membahagiakan pasangan denagn mengajaknya berwisata ketempat Curug Luweng sampang gunung kidul Jogja harapan untuk masa depan anak-anak, harapan untuk kebahagiaan semua anggota keluarga. Dengan menikah, manusia memiliki motivasi bekerja dan berprestasi yang lebih, karena ingin mencapai berbagai harapan.

7. Menikah itu menyehatkan

Menikah banyak memiliki manfaat kesehatan bagi fisik maupun psikis. Para ahli kesehatan telah menemukan banyak manfaat kesehatan dari pernikahan. Dengan menikah, hidup manusia akan lebih sehat dan memiliki angka harapan hidup lebih tinggi.

8. Membangun kepercayaan
Bersama-sama dengan teman sekaligus pasangan dan membina hubungan baik adalah pondasi dalam membangun kepercayaan. Jadi menikah sama dengan berusaha memenuhi komitmen dan percaya bahwa pasangan akan melakukan hal serupa untuk Anda.

9. Menghargai pasangan
Sebelum menikah, apakah Anda masih suka melirik lawan jenis? Jika sudah menikah, Anda pasti sadar dengan sendirinya dan tidak melakukan hal itu sebagai bentuk sebuah penghargaan bagi pasangan.

10. Menjadi baik
Belajar mencintai, menyayangi, dan berusaha selalu ada untuk seseorang membuat Anda menjadi orang yang lebih baik. Pasangan pun akan terlihat semakin bersinar ketika Anda bersikap baik padanya.

11. Menjadi kreatif
Anda tidak harus menikah dan menjalani kehidupan rumah tangga seperti orang tua. Bersama pasangan, Anda akan menjadi pribadi yang kreatif dalam menciptakan kisah cinta sendiri. Otak akan terus berputar untuk memikirkan hal-hal hebat sesuai keinginan Anda.

12. Menciptakan harapan
Apalah artinya kehidupan jika manusia tidak punya harapan. Namun dengan menikah, Anda akan selalu berharap bahwa pasangan akan terus setia. Harapan itulah yang menjadi kekuatan Anda dalam menjalani hubungan rumah tangga.

13. Mencoba hal baru
Jangan pernah berpikir bahwa pernikahan itu membosankan jika sudah terlalu lama melaluinya. Sebab akan selalu ada banyak hal baru yang bisa Anda coba dan membuat perasaan tetap berdebar saat melakukannya.

Berdasarkan penelitian yang dibuat oleh Ohio State University, para pria memiliki kesehatan mental yang lebih baik ketika mereka berada dalam satu komitmen. Untuk penelitian tersebut, para peneliti melihat data-data dari National Longitudinal Survey of Youth, 1997. Studi itu berisi tentang pria kelahiran Amerika yang lahir antara tahun 1980 dan 1984.

"Dibandingkan wanita, pria dilaporkan menganggap hidup bersama tanpa ikatan pernikahan adalah sebuah tes dalam hubungan. Dan hal itu membuat pola komunikasi jadi negatif, agresi fisik yang lebih besar dan penurun komitmen pada hubungan," tulis penelitian itu. "Namun pria yang langsung menikah tidak mungkin melihat pernikahan sebagai tes dalam hubungan. Mereka lebih menikmati keuntungan dari pernikahan dan berinvestasi lebih besar untuk itu."

Wah wah, jadi ternyata ada begitu banyak manfaat dari menikah untuk pria dan wanita. Lalu mengapa mesti ragu? Jika sudah yakin dan mantap, maka menikahlah. Dan jalani pernikahan itu dengan penuh keyakinan, maka kebahagiaan sudah pasti ada di depan mata. Ya kan?

Itulah berbagai manfaat menikah bagi kesehatan mental. Semoga pernikahan Anda bersama pasangan selalu dilimpahi dengan kebahagiaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar